Pengukuran Efektivitas Iklan.

Setelah kita melakukan kampanye iklan digital, dan traffic mulai berdatangan ke website. Kita harus merubah traffic itu menjadi konversi penjualan. Pengukuran yang dilakukan bisa berupa orang mengisi data diri secara online, mendownload brosur, melakukan pendataran test drive maupun mengukur penjualan secara online.

Di komunika media digital advertising agency, kami melakukan pengukuran efektivitas iklan digital dengan dua cara. Yang pertama adalah melalui google ads, dengan menaruh script dihalaman yang dituju. Yang kedua dengan menggunakan google analytics.

Yang akan kita bahas disini adalah mengukuran konversi penjualan melalui google analytics. Sebelum kita mulai pastikan website yang akan kita ukur sudah ter-instal script google analytics, kalau kurang paham cara memasangnya, Anda bisa menanyakan ke kami komunika media melalui tombol whats app yang ada di website.

Gambar diatas menjelaskan bahwa terjadi penjualan sebanyak 51 kali ke landing page yang kita ingin ukur. Yang ingin kita optimalkan adalah, dari kampanye iklan misal sebanyak 10.000 klik, kita ingin minimal 10 persen bisa menjadi konversi penjualan, atau sebanyak 1.000 barang terjual.

Berikut ilustrasinya :

  1. Efektivitas iklan digital bisa kita ukur misalnya, traffic yang kita inginkan adalah 10.000 klik.
  2. Biaya yang kita keluarkan per klik misal 500 rupiah per klik, jadi total biaya yang di keluarkan adalah Rp 5.000.000,-.
  3. Jika dari traffic 10.000 klik lewat iklan digital, terdapat 10% conversion rate, maka akan terdapat 1.000 klik yang menjadi penjualan.
  4. Misalnya rata-rata 1 penjualan mempunyai keuntungan 10.000 rupiah, maka 1.000 penjualan, akan didapat keuntungan sebesar 10 juta dengan biaya iklan hanya sebesar 5 juta rupiah.

Hal tersebut baru bisa dikatakan iklan digital yang dilakukan cukup efektif.

 

Gambar diatas, dapat dilihat konversi terjadi dari beberapa sumber, misal dari direct, search, kampanye iklan atau social media. Kami menyarankan kalau Anda ingin mempunyai iklan digital yang efektif, campaign iklan tersebut memakai Komunika Media Programmatic Solutions. Program paid advertising kami, menjamin traffic yang dihasilkan sama seperti yang dibeli, dan terukur di google analytic, bounce rate dibawah 50%, dan orang akan mampir di website kita minimal 1 menit. Semakin lama orang berada di website kita, semakin tinggi orang tersebut akan melakukan pembelian.

Sebuah bisnis yang bagus adalah bisnis yang mengikuti perkembangan jaman, artinya bisnis tersebut mempunyai website, mempunyai artikel dalam website untuk menaikan rangking halaman di google, agar lebih mudah di ketemukan. Website SEO friendly, social media-nya juga dirawat dan ada postingan rutin dengan tema, design menarik dan informatif serta harus mereply comment dari konsumen di social media-nya.

Kalau semuanya bisa dilakukan dengan baik, maka bisnis Anda siap bersaing di jaman yang serba digital saat ini. Ingin mengetahui bagaimana cara mewujudkan semuanya itu, kontak kami di komunikamedia.co.id.

 

Salam Digital Marketing  

Kurniawan Aryanto

Co-founder Komunika Media

https://komunikamedia.co.id/

 

digital advertising, digital advertising jakarta, digital advertising indonesia, digital advertising terbaik indonesia, digital agency, digital agency jakarta, digital agency indonesia, digital agency terbaik indonesia, digital agency terbaik di jakarta, biro iklan, biro iklan terbaik di surabaya, biro iklan terbaik surabaya, biro iklan terbaik di bandung, biro iklan terbaik bandung, public relation terbaik di indonesia, public relation terbaik indonesia, public relation terbaik jakarta, public relation terbaik di jakarta, event organizer jakarta, event organizer di jakarta, event organizer di jakarta, event organizer terbaik, event organizer terbaik di jakarta, event organizer terbaik jakarta, event organizer terbaik indonesia, event organizer terbaik di Indonesia, kontraktor pameran, kontraktor pameran jakarta, kontraktor pameran di jakarta, kontraktor pameran indonesia, kontraktor pameran di indonesia, kontraktor pameran terbaik, event management jakarta, event management terbaik, Komunika Media, Digital Marketing Agency Based In Jakarta, We Provide SEO and SEM Marketing Service, Social Media, Website Design and Brand Campaign

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

× How can I help you?