MEDIA BEHAVIOR GEN-Z

Mumpung lagi ngajar mata kuliah media production, yang artinya harus paham media apa saja yang masih relevan saat ini dan bagaimana kebiasaan mengonsumsinya maka di kelas saya sering menanyakan tentang hal tersebut.

Beberapa hal menarik tentang media behavior yang saya temukan pada mahasiswa saya yang rata-rata lahir di setelah tahun 1998 adalah:

  1. Sudah tidak ada lagi file mp3 di ponsel mereka. Digantikan oleh JOOX atau Spotify. Beberapa sudah berlangganan, namun masih ada yang menggunakan versi free. Artinya ini bagus untuk industri musik. Pembajakan musik sudah (atau nyaris) tidak ada di kalangan Gen-Z. Mereka adalah generasi yang lebih sadar HAKI (musik) ketimbang Gen-X atau Millennials.
  2. Untuk film, sebagian besar masih menonton film secara streaming melalui website-website ilegal. Yang menarik mereka langsung streaming, tidak mendownload dulu. Mereka bilang, supaya gak menuh-menuhin hard disk mereka. Ya wajar karena banyak yang sudah menggunakan laptop dengan SSD sehingga punya kapasitas yang tidak terlalu besar, namun speed tinggi. Beberapa memilih menonton drama korea melalui IFLIX ataupun Hooq. Buat mereka Netflix belum terjangkau harganya.
  3. Hampir seluruh mahasiswa masih mendengarkan radio, tapi saat sedang berkendara di mobil atau mendengarkan streaming via aplikasi radio. Jadi sudah tidak ada yang mendengarkan radio via perangkat konvensional di rumah atau kost.
  4. Sudah tidak ada lagi yang membaca majalah. Hmmm… wajar banget kalo akhirnya banyak majalah yang tutup saat ini. Satu-satunya tempat mereka membaca majalah adalah saat mereka menunggu di dokter atau klinik kecantikan.
  5. Hanya hitungan jari yang masih membaca surat kabar atau koran. Itupun mereka tidak pernah beli sendiri namun membaca milik ayah mereka yang masih berlangganan di rumah. Jadi ya, sepertinya tugas para penerbit koran yang memiliki versi digital untuk menarik Gen-Z ini agak berat.
  6. Terakhir bagaimana dengan Televisi? Dari kelas yang isinya 40 orang, hanya sekitar 3-6 orang yang masih menonton TV baik teresterial maupun TV Berbayar dengan perangkat TV konvensional. Menariknya mereka kadang nonton siaran berita yang disiarkan secara LIVE dari media sosial dan ikut aktif berkomentar di kolom komen. Beberapa mengatakan menonton televisi tapi melalui aplikasi seperti Hooq, Iflix atau Oona. Secara durasi mereka menonton TV tidak pernah lebih dari 2 jam/hari. Artinya peluang besar untuk stasiun TV membuat konten-kontennya secara streaming karena terjadi perubahan dari menonton di televisi menjadi menonton melalui ponsel.

Oleh sebab perubahan yang cukup drastis dalam media landscape dan media behavior saat ini, saya dan teman-teman di Fakultas Ilmu Komunikasi UMN sedang mengembangkan sebuah pusat kajian komunikasi strategis yang nantinya akan banyak membahas perilaku Gen-Z ini dalam bidang komunikasi. Pusat kajian ini akan dilengkapi dengan laboratorium profesi yang berfungsi sebagai pendukung kerja para mahasiswa dalam aktivitas pembelajaran mereka.

FN Inco Harper adalah Head of Strategic Communication Department

Universitas Multimedia Nusantara

creative agency jakarta, agency digital, jasa digital marketing jakarta, digital, digital agency, digital agency jakarta, digital advertising agency jakarta, digital advertising agency terbaik, digital agency terbaik di indonesia,  digital advertising terbaik, social media management jakarta, jasa maintenance social media, social media management jakarta, pengelolaan social media, agensi sosial media, social media maintenance packages, jasa pengelola media sosial, social network maintenance strategy, jasa pengelolaan akun media sosial, online pr media, press release, public relation terbaik, social media branding jakarta, biro iklan jakarta, biro iklan terbaik, biro iklan indonesia, event management jakarta, event management terbaik, event organizer jakarta, Komunika Media, Digital Marketing Agency Based In Jakarta, We Provide SEO and SEM Marketing Service, Social Media, Website Design and Brand Campaign

digital advertising, digital advertising jakarta, digital advertising indonesia, digital advertising terbaik indonesia, digital agency, digital agency jakarta, digital agency indonesia, digital agency terbaik indonesia, digital agency terbaik di jakarta, biro iklan, biro iklan terbaik di surabaya, biro iklan terbaik surabaya, biro iklan terbaik di bandung, biro iklan terbaik bandung, public relation terbaik di indonesia, public relation terbaik indonesia, public relation terbaik jakarta, public relation terbaik di jakarta, event organizer jakarta, event organizer di jakarta, event organizer di jakarta, event organizer terbaik, event organizer terbaik di jakarta, event organizer terbaik jakarta, event organizer terbaik indonesia, event organizer terbaik di Indonesia, kontraktor pameran, kontraktor pameran jakarta, kontraktor pameran di jakarta, kontraktor pameran indonesia, kontraktor pameran di indonesia, kontraktor pameran terbaik, event management jakarta, event management terbaik, Komunika Media, Digital Marketing Agency Based In Jakarta, We Provide SEO and SEM Marketing Service, Social Media, Website Design and Brand Campaign

creative agency jakarta, agency digital, jasa digital marketing jakarta, digital, digital agency, digital agency jakarta, digital advertising agency jakarta, digital advertising agency terbaik, digital agency terbaik di indonesia,  digital advertising terbaik, social media management jakarta, jasa maintenance social media, social media management jakarta, pengelolaan social media, agensi sosial media, social media maintenance packages, jasa pengelola media sosial, social network maintenance strategy, jasa pengelolaan akun media sosial, online pr media, press release, public relation terbaik, social media branding jakarta, biro iklan jakarta, biro iklan terbaik, biro iklan indonesia, Komunika Media, Digital Marketing Agency Based In Jakarta, We Provide SEO and SEM Marketing Service, Social Media, Website Design and Brand Campaign

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

× How can I help you?